GINI RATIO – Pemerataan Pendapatan di Indonesia

1. Apa yang dimaksud dengan Gini Ratio ?
Jawab : Gini ratio adalah ratio dari suatu ukuran kemerataan, dimana ratio ini digunakan untuk mengukur ketimpangan suatu nilai sesuai dengan distribusi frekuensinya, dan sering dipakai untuk mengukur ketimpangan pendapatan rakyat suatu Negara atau daerah.

Data yang diperlukan dalam penghitungan Gini Ratio :
 Jumlah rumah tangga atau penduduk
 Rata – rata pendapatan atau pengeluaran rumah tangga yang sudah dikelompokkan menurut kelasnya.

2. Bagaimana pendapat saudara tentang pemerataan pendapatan di Indonesia ?
Jawab : Menurut saya distribusi pendapatan di Indonesia baik didaerah perkotaan dan daerah pedesaan, atau antar propinsi, masih terdapat ketidakmerataan. Memang pada awal pemerintahan orde baru pemerintah memang berangsur – angsur memperbaiki pembangunan di Negara ini dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui pendapatan per kapita dan pendapatan dari seluruh penduduk Indonesia.
Pada kenyataannya, meski pembangunan ekonomi di Indonesia berjalan terus dan termasuk dalam kategori memiliki laju pertumbuhan yang relative tinggi, namun tingkat kemiskinan dan kesenjangan masih dalam level yang cukup tinggi.
Dua factor penentu yang menurut saya menjadi kelanjutan mengapa pendapatan penduduk di Indonesia masih belum merata, itu dikarenakan penentuan garis kemiskinan atau penghasilan masih berdasarkan kebutuhan fisik yang tidak diimbangi dengan penghasilan yang diperolehnya, dan tingkat pendidikan yang rendah. Karena tanpa adanya pendidikan yang baik dan mencukupi, tidak akan bias terjadi progress atau peningkatan dalam kehidupan.

Share this:
Share this page via Email Share this page via Stumble Upon Share this page via Digg this Share this page via Facebook Share this page via Twitter

Leave a Reply